Sunday 21 June 2015

Mengapa Blog Anda Sepi Pengunjung? Ini Alasannya

6/21/2015 Posted by Admin 30 comments
Mengapa Blog Anda Sepi Pengunjung? Ini Alasannya
Sering membuat orang putus asa Ngblog adalah karena traffik blog tidak kunjung naik, karena traffik adalah salah satunya sumber uang. Jadi tidak heran jika mereka langsung berhenti Ngblog karena tidak sabaran, sehingga selama yang mereka jalani pun menjadi sia-sia. Sebenarnya penyebab visitor blog sepi mempunyai banyak faktor. Meski demikian, ada beberapa faktor yang paling sering dan membuat blog sepi pengunjung.

Salah satu poin utama adalah konten kurang menarik. Dalam arti informasi yang disajikan kurang diminati. Misalnya anda memposting informasi yang jarang dibutuhkan oleh orang banyak. Contohnya anda menulis artikel tentang renungan yang judulnya sangat jarang orang ketik di mesin pencarian, Anda sudah tahukan poin ini sangat penting, walau artikel anda bisa di page one tapi kalau jarang orang cari sama saja nol.

Jumlah Artikel, sebetulnya poin ini tidak perlu saya jelaskan lagi, namun karena nantinya ada yang tanya jadi bagusnya saya tulis disini. Katakanlah jika Anda hanya memiliki 10 postingan saja dan tentu Anda hanya memberi 10 kesempatan saja untuk mesin pencarian bagi pengunjung untuk menemukan blog Anda, jadi sudah semestinya blog Anda sepi. Semakin banyak postingan maka akan semakin banyak peluang pengunjung menemukan blog Anda. Tapi jika Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk menulis artikel, maka simak baik-baik cari ini.

Memodifikasi artikel.

Mengedit kembali artikel basi dengan memberikan informasi tambahan sehingga artikel menjadi berkualitas. Artikel yang tadinya berada di peringkat bawah hasil pencarian maka akan tampil di halaman pertama penelusuran. Karena kualitas artikel tersebut telah berubah lebih baik dari sebelumnya. Akhirnya artikel tersebut bisa ditemukan oleh pengguna di SERP dengan mudah.

Informasi Terkait.

Kita juga bisa menambahkan link aktif milik halaman postingan kita yang lain yang biasa disebut internal link, untuk menawarkan bacaan terkait kepada para pembaca. Namun internal link ini jangan terlalu banyak agar tidak melanggar TOS google yang hanya disarankan untuk dua saja. Serta harus ditulis dengan jelas dan relevan sebagai artikel terkait yang ada di halaman postingan. Jadi jangan asal menyematkan link aktif diantara kalimat bacaan karena itu sangat mengganggu pengalaman pembaca.

Peringkat blog rendah adalah salah satu poin yang paling ditakuti oleh pengolah blog, namun Anda pasti tidak menyadari satu hal ini. Bagaimana blog kita bisa mendapat tempat di SERP jika blog kita tidak memiliki kekuatan dalam kompetisi di mesin pencari. Sedangkan persaingan perebutan halaman pertama google semakin ketat, sementara halaman pertama google hanya tersedia untuk 10 postingan saja. Satu-satunya cara adalah memperdalam ilmu SEO kita, namun hal itu akan saya bahas di postingan berikutnya.

Konten Informasi sementara atau disebut artikel sesaat artikel cepat basi. Misalnya anda memposting berita-berita yang hanya bersifat sesaat, atau informasi hanya untuk hari ini dan besoknya sudah kadaluwarsa. Kemudian besoknya anda harus menulis berita untuk besok.

Contohnya adalah prediksi bola. Konten semacam itu menuntut anda setiap hari harus update puluhan artikel. Jika anda berhenti update 1 hari maka dapat dipastikan visitor akan turun drastis. Selain itu anda harus rajin menghapus posting yang lama. Jika tidak dihapus maka blog anda akan disapu oleh google panda karena terdapat banyak artikel sampah atau artikel kadaluwarsa.

Loading blog adalah salah satu poin penting untuk tidak membuat pengunjung kabur sebelum membaca postingan Anda. Perlu diingat baik-baik, karena tidak semua pengguna memiliki koneksi internet yang cepat dan memiliki perangkat PC yang bagus.

Banyak pengunjung yang sebenarnya duduk di warnet. Mereka tidak akan berhasil membuka blog anda dan akhirnya terpental alias balik kanan. Akibatnya blog anda mendapat rasio pentalan yang tinggi yang biasa disebut Bounce Rate.

Untuk sementara ini saya jelaskan sampai disini, poin penting berikutnya akan saya tuliskan lagi, Anda harus benahi dulu tulisan diatas, jangan selalu bingung dengan traffik blog Anda yang tak kunjung naik, cari dulu faktor kekurangannya dan perbaiki satu persatu poin diatas, step  by step akan saya jelaskan lagi, semoga bernanfaat, silakan bagikan artikel ini ke teman-teman Anda yang sesama blogger ya.
Bagi anda yang kesulitan untuk instalasi template, saya ada buka jasa desain dengan harga terjangkau, klik disini
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

30 komentar

wah terjawab sudah pertanyaan saya kemarin..

ini hanya poin awal om

maksimal berapa banyak internal link yang boleh ada dalam satu artikel??

ini toh jawabannya...mantaps mbak

blog saya banget tuh sepi segalanya hehe

Masih Ada Beberapa POIN ??

blog sepi pengunjung ya itu blog saya

blog sepi pengunjung ya itu blog saya

kalo cara optimasi supaya blog kita menjadi rame pengunjung selain dengan cara blogwalking dengan cara gimana

ko komentar saya di coret, yang salah apa ya

Tidak boleh ada kata Blogwalki**

Thanx Mbak Leony, artikelnya sangat bermanfaat.
Salam...

konten memang utama mba kalau konten jelek visitor gak betah juga baca apalagi ditambah loading blognya berat siap-siap aja deh sepi tuh blog

Pake kata-kata Jalan-jalan blog aja mba... hihihi...

Hmmm mantap ni share ilmunya..
Secara tdk sadar sy sdh terapkn bbrapa hal diatas secara natural (tanpa sy sadari :) )

Terima kasih sdh share triknya

blog sepi krn blm bisa mengoptimalkan content creation dan content marketting.
SEO penting tapi CRO juga wajib dipahami

Da Blog Saya Mah Apa Atuh, Cuman Penghias Google. :(

infonya bermanfaat, tapi aku mah tetap gak ngerti,, Baru si |o|

Makasih kak pembelajarannya :D

Hehehe.. tercorek dengan kata2 yang tidak dibolehkan :)

iya nih mba bounce rate masih tinggi banget :(

test ah.. katanya kalo ada kata blogwalking gak boleh

mbak, artikel yang dianggap kadaluwarsa itu yang kaya gimana? ngeri juga kalo kena sapu @@,

Waduh, artikel bisa kadarluarsa yah? kalau dihapus ada efek negatifnya nggak mba?

Apapun alasannya saya hanyalah manusia biasa seperti Anda dengan keterbatasan kemampuannya, disini kita sama-sama belajar agar bisa berkembang di dunia maya. Maaf, jika ada komentar yang tidak terjawab adalah mungkin di luar kemampuan saya. Terima kasih telah membaca coretan kecil saya ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.
Show EmoticonHide EmoticonShow Konversi KodeHide Konversi Kode

Thanks For Your Comment Here